Selasa

S.E.S.A.T



Definisi kata sesat berdasarkan kamus bahasa Indonesia.

se.sat

Tidak melalui jalan yang benar; salah jalan.
Salah (keliru) berbuat yang tidak senonoh.
Menyimpang dari kebenaran. (tentang agama dsb): ajaran.


  • Sesat air        : Salah didik (sukar diajar)
  • Sesat akal      : Gila
  • Sesat barat     : Salah jalan sama sekali
  • Sesat lalu       : Menempuh jalan yang salah
  • Sesat langkah : Melakukan perbuatan yang tidak patut; berbuat yang tidak senonoh.
  • Sesat pikiran   : Salah pendirian (pendapat)
  • Sesat pusat    : Bingung

Saya sering menggunakan kata sesat dalam mengkritik, terutama hal-hal yang menurut saya bertentangan, seperti perbuatan yang tidak patut; perbuatan yang tidak senonoh (sesat langkah), dsb. Belakangan kata tersebut semakin populer di lingkungan teman-teman saya, baik di dunia nyata maupun di dunia maya, namun kata sesat yang digunakan tentunya bukan untuk mencaci, melainkan lebih kapada bahan untuk mengolok atau tepatnya menjadi bahan becandaan.

Ada beberapa teman yang belum tahu, bertanya kepada saya apa sih maksudnya sesat? Di atas sudah saya bawakan uraiannya, berdasarkan kamus bahasa indonesia dan yang perlu digaris bawahi adalah sesat, tersesat dan menyesatkan memiliki arti yang berbeda, silakan definisikan sendiri.:D

Jangan sampai salah menempatkan kata sesat, karena itu bisa menyesatkan! :D

Nb: Senonoh artinya sopan, tidak senonoh berarti tidak sopan. Tetapi  kata tidak senonoh lebih populer dan sering diucapkan ketimbang kata senonoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar