Selasa

Mundur Teratur



 
Membaca judul di atas jadi teringat memori kala latihan baris berbaris saat upacara bendera waktu di sekolah dulu ya? Walaupun aslinya sering bolos dan sering tidak ikut upacara, (B.O yang ini tidak untuk dicontoh, jiheheehee.). Kali ini saya tidak ingin membahas tentang upacara ataupun saat latihan baris berbaris waktu di sekolah. Sebenarnya tulisan ini saya angkat dari hasil curhat salah seorang teman saya beberapa bulan yang lalu. Buat teman saya: Maaf ya, ini hanya ingin berbagi saja kok kepada teman-teman yang lain, mudah-mudahan bermanfaat, bolehkan? Tenang saja, nama sumbernya nggak diikut sertakan kok, cuma ceritanya aja, peace! :)



Ceritanya seperti ini, waktu itu sekitar pukul 17:00 wib (jam 5 sore Waktu Indonesia Bandung) ada pesan singkat yang mendarat di kotak masuk handphone butut saya. Pas saya buka ternyata pesan dari seorang teman saya (cewek loh, tapi sayang banget doi sudah punya suami, jiheheee ups, jangan mikir macem-macem dulu ya, suaminya juga teman saya kok), isi pesannya seperti ini: “ TM jelek lg dmn lo, balik kerja jm brp? gw ad perlu!” (Ya, begitulah teman saya, sedih sebenarnya saya dipanggil jelek sama teman-teman, padahal sayakan nggak jelek-jelek banget ya, jiehhehe. Tapi ga apa-apalah, buat teman panggilan apa saja halal kok, yang penting senang aja deh) Terus saya balas seperti ini: “D t4 krja, jam 8, why Bu?” (ciri khas saya memanggil semua teman perempuan yang seangkatan "bersenjata" dengan saya, tanpa terkecuali semua saya panggil Ibu, tidak peduli sudah married atau belum, tetap saja saya panggil Ibu).:D   

Terus sama dia dibalas lagi: “Gw mw mnta pndapat ne, skalian mnta tlong jg, tp ntar mlm aja dech gw telvon lo” (resiko terberat seorang yang menjadi diary berjalan bagi sebagian teman-temannya, harus siap menampung curhat, saat di mana dan kapanpun juga) ciee elah gayanya si TM.:D.  Saya balas lagi: “Yo wez” (singkat dan padat, ga tahu lagi males ngetik atau takut keypad handphone baru lecet ya, jiehhehee, baru jatuh dari atas meja maksud saya).:D

On time, pukul 20:10 wib (malam jam 8 lewat 10 menit Waktu Indonesia Bandung) teman saya itu menelepon, dia menceritakan panjang lebar permasalahan seputar pekerjaannya, intinya dia ingin keluar dari tempat kerjanya karena berbagai alasan, dia meminta pendapat kepada saya mengenai proses pengunduran diri yang baik, dan dia sempat berkata seperti ini “Kalau gue ngikutin kata hati gue, sebenarnya gue lebih memilih berhenti tanpa prosedur aja, dengan cara ga masuk-masuk kerja” Mendengar pernyataannya seperti itu, saya berusaha menenangkan emosinya dengan canda, sembari menyampaikan masukan.

Saya kasih perumpamaan kepada dia seperti ini : Tempat kerja itu ibarat tuan rumah yang baik dan para pekerja yang bekerja di dalamnya adalah tamu pertamanya. Saat kita bertamu kerumah seseorang kita harus mengikuti semua prosedur dan aturan yang ada di dalam rumah tersebut dan setelah kita diizinkan masuk oleh si tuan rumah barulah kita masuk. Sebab bila kita masuk tanpa seizin tuan rumah bisa dipastikan si tuan rumah tersebut akan mengatakan kita penjahat yang sedang mengincar harta benda berharga yang ada d idalam rumahnya. Begitu juga saat kita berniat keluar, kita juga harus meminta izin atau pamitan kepada si tuan rumah. Sama halnya dengan pekerjaan, waktu pertama kita mengirimkan surat lamaran kerja, kita merangkainya secara baik sesuai aturan dan prosedur sewajarnya surat lamaran, dengan harapan agar surat lamaran kita tersebut ditanggapi dan diterima. Namun, bila ternyata setelah diterima, kita merasa tidak nyaman untuk bekerja perusahaan itu, sebaiknya kita juga harus keluar dan pamit melalui cara, aturan dan prosedur yang baik pula.

Sebagai teman saya hanya bisa membentangkan jalannya dan dia yang akan menentukan pilihannya sendiri. Akhirnya dia bisa menerima uraian dan masukan dari saya, sampai akhirnya dia meminta tolong kepada saya untuk membuatkan dia surat permohonan pengunduran diri. Karena saya tidak terlatih dalam membuat surat-surat resmi (tidak terlatih apa nggak bisa? Jujur aja apa susahnya sih, jiehheheee Iya nggak bisa) untuk itu saya menawarkan kepada dia, cari di internet saja banyak kok, nyari sample surat apa saja pasti ada. 

Dan dia berdalih dengan alasan “Gw males ke Net TM” saya coba menawarkan opsi kedua: “Dulukan ibu punya PC butut, sekarang masih ada nggak? (asal banget ya saya ngomongnya, jiehhehee) Kalau masih ada, mumpung belum malam banget, sekarang jemput modem ke kosan saya dan cari sendiri saja via mbah Google, jawabnya : “Wokee TM, gw ke situ sekarang” dan diapun bergegas ke kosan saya yang berjarak tidak begitu jauh dari rumah tempat tinggalnya. ”Makasih ya, om TM yang baik hati” (Ucapnya bersikap seolah sedang mengajarkan anaknya yang masih kecil dengan memanggil saya pake sebutan Om, biasalah kalau teman lagi ada maunya, jiehehhehee).   

Cerita di atas terjadi pertengahan bulan Desember 2010, namun beberapa hari yang lalu, secara tidak sengaja saya menemukan dukumen dengan format word tersimpan di kartu memori modem saya. Penasaran, saya buka ternyata isinya surat permohonan pengunduran diri dan saya yakin dokumen itu pasti sisa peninggalan teman saya yang dulu pernah meminta tolong kepada saya untuk dibuatkan surat pengunduran diri. Spontan seperti ada ide yang menghampiri saya untuk berbagi, mudah-mudahan bermanfaat (Bukan berarti saya mendo’akan sobat mundur dari pekerjaan ya, jiehhehe).

Dan karena alasan itulah tulisan saya kali ini saya beri judul Mundur Teratur (mundur mengikuti aturan). Bila saat pertama kita masuk kerja sesuai aturan yang berlaku, hendaknya saat keluar juga kita harus mengikuti aturan yang berlaku pula. Di bawah saya bawakan barang buktinya buat sobat semua.

Maaf saya sedikit kesulitan mencari sumbernya, jadi di sini saya tidak bisa menyertakan linknya.


SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
Manajer PT. . .
Jl. Raya . . .  No. . .

Kepada Yth.
Manager Personalia
PT. . .



Dengan hormat,

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. . . terhitung tanggal : (tgl/bln/thn).

Saya menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di PT. . . . sebagai suatu perusahaan besar dibidang . . . selama kurang lebih . . . tahun ini.

Tak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. . . apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. . .

Saya berharap dan berdo’a agar PT. . . menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses.

Hormat Kami,

( Nama anda )



Keterangan : Yang titik-titik ( . . . ) isi sesuai data kebutuhan masing-masing ya!

29 komentar:

  1. hahaha, boleh lah infonya toh ditujukan bukan untuk pembaca mundur bekerja, tapi sapa tau ada yang butuh...gitu kan?hhe


    kirain tadi itu mau bahas PSSI,ahahah ngaco

    BalasHapus
  2. kayanya aq butuh nih surat pngunduran diri, insyAllah akhir thn ini aq juga mau resign hohoho, jadi Curcol nih (emang selama ini jadi tpt curhatnya tmn2 kan...), BTW TQ ya TM contoh suratnya...

    BalasHapus
  3. @Mba Ajeeng... Takutnya abis slesai baca postingan saya, semua jd pengen nyoba praktek langsung...jiehhehehee...


    @Kak Nadia... Thu kan kak Nadia akhir thn sekrang mw langsung d praktekin... iehehehe...

    Iya kak sama2, tp jgn salahin TM ya kak......jieheheehe....

    BalasHapus
  4. weleeehh TM, jangan sampai deh, semua orang yang baca posting kamu berniat untuk resign *mundur teratur*

    heeheh..TM bisa dicari nih nanti...buat digebukin oleh para menejer HRD..hehehehe... :D

    BalasHapus
  5. whoho, berguna nih postingannya..
    emang yang enak tuh masuk baik2 keluarnya juga baik2..

    thx for share ya :)

    BalasHapus
  6. @Kak Fairysha...

    Kan ga ad dlm perjanjiannya, pake acara gebuk2kan........jiehheheheee.....

    BalasHapus
  7. setuju Mas TM, sesebel-sebelnya ma tu perusahaan, sebaiknya emang resign dg cara yg baik. bagaimanapun jg perusahaan itu dah memberi kesempatan kita bekerja, nambah duit&pengalaman :)
    d kantor gue jg tmn2 lagi pada seneng2nya resign nich, kehilangan teman2 dech :(

    BalasHapus
  8. @Mba Yen... Bknnya baru dapet panggilan, kok udah berencana bwt resign, jiehheheheee....

    BalasHapus
  9. yah, masa depan kan ga ada yang tau TM..
    sapa tau nanti kedepannya butuh..hehe :p

    BalasHapus
  10. @Mba Ria.... setujuuuu......
    O,ya kan nanti ad lg tmn baru,jieehheee.......

    @ Mba Yen...Iya ya......

    BalasHapus
  11. ^ ehem..... :)

    waaaaaah kebetulan temen2 yanti banyak yang mo resign... postingan ajo bermanfaat neh buat mereka.....

    klo amplopnya nya pake warna merah jambu kayaknya keren deh jo... :D

    BalasHapus
  12. iyah bener banget
    "sebaiknya kita juga harus keluar dan pamit melalui cara, aturan dan prosedur yang baik pula."

    masuk baik2 keluar juga harus baik2 dong :)
    \m/

    BalasHapus
  13. dunia kerja memang keras sob....saat magang saya turut menyaksikannya

    BalasHapus
  14. @Yhantee... jieeeeeee......

    Warna orange ajja sekalian, biar lucu...jihhhehehhee....


    @Mba Uci... Betuuul bangeet......

    Tepuuuk tangaan.... jiehhehee.....


    @Mba Ninda....

    O, ya, tp tidak semuanyakan Mba Ninda..... :)

    BalasHapus
  15. Aku malah pengen di pecat ajah, trus dikasih pesangon kali 2.
    Tapi kok nggak dipecat-pecat yah?

    BalasHapus
  16. @ Kak Dewi... Bentar....


    Pengawaaal.... cepet surat berhentinya bawa kemareee.......jiahhaahahaa.....


    Pesangonnya yg ga kwt kak.........jihehehehehee.....

    BalasHapus
  17. wah saya butuh nih kalo suatu hari udah bosen dengan dunia kerja.. tengkyu ;)

    BalasHapus
  18. @Mba Meutia... Lah kok d rencanain......jiehhehehee....

    Tp ga ap2, swedia payung sebelum hujan ya, dr pada kehujanan....

    BalasHapus
  19. hohoho...se 7 banged dg pendapat Mister...mundur teratur akan lebih memberi kesan positif.

    Kalo ga teratur mah ntar gak dpt surat pengalaman kerja loooo...
    *maklum ane biasa bikin surat pengalaman kerja buat yg resign xixixi..*

    BalasHapus
  20. Mba Iffa... Makasih, bnr bangeeet...

    Jieee...Ad yg promooo.....jiheheeee.....

    BalasHapus
  21. Wah biarpun isinya gak ada kaitan sama baris berbaris, tapi mama jadi inget Pat. Dia gak suka ikut pramuka gara-gara ada baris berbarisnya

    BalasHapus
  22. @Pat n Mom... O ya, K-lo Pat ga suka baris berbaris, wah Pat ga bs jd PASKIBRA duunk... jiehhehee.....


    Makasih ya Pat n Mom, sudah mampir...!!!

    BalasHapus
  23. waaa makasi udah difollow! mama udah follow balik, tapi gara2 gak punya poto profil jadi urutannya ditempatin di blakang, gak apa2 kan?

    BalasHapus
  24. ijin copy paste ya surat pengunduran diri nya hehe.. sapa tau nanti aku dapat tawaran yg lebih di perusahaan lain, amin..

    BalasHapus
  25. @Pat n Mom...

    Ga ap2 yg penting hadir....jihehehee....makasih jg ya...



    @Mas Geafry... Silahkan, lah kok d rencanain....jiheheheee....

    BalasHapus
  26. Hi TM, temgkiu yah dah mampir di rumah keluargazulfadhi :-) Ni Juleha mampir balik

    Setubuh banget Say, kalo mo cabs dari tempat kerja kudu baek2 caranya. Karena kita pan butuh surat pernyataan dari kantor yang lama bahwa kita pernah kerja disono selama sekian taun. Kadang itu berguna loh buat ngelamar kerja di tempat lain.

    Ya sutra, sekian dulu yah boo rumpiannya. Tar dilanjuuuddd lageeee

    BalasHapus
  27. Hy jg Teh Bunda Susan, jieeeeheheee..


    S7... banyak hal positif yg bs d ambil, bila semua d lalui dgn jln yg baik....


    Woooke dech Teh bunda Susan...

    BalasHapus
  28. wah, mksh contoh suratnya, saya save ya, tp saya gak mau mundur ah, saya mau MAJUUUUU TERUUUUSSSS!!!! PANTANG MUNDUR!
    :)

    BalasHapus
  29. @ Killer.....Sipz....



    @Penghuni60... Okeee... Maju tak gentar walau gemetar ya Mas....jiehehehehe.......

    BalasHapus