Minggu

Purpose of Blogging


Sebenarnya tulisan saya kali ini merupakan jawaban dari hasil dari blogwalking saya tempo hari. Yang mana di postingan salah seorang sobat sesama blogger, saya menemukan pembahasan tentang “Ngeblog tanpa tujuan buat apa?” Setelah saya membaca postingan tersebut sampai selesai ternyata saya mendapatkan uraian dari si penulis postingan tersebut sedikit bertentangan dengan ideologi saya. Menurut saya uraiannya sedikit mencederai kebebasan dalam berekspresi dan terkesan merendahkan apa yang telah dilakukan blogger lain.



Walau saya tahu sekarang kita hidup di era kebebasan, termasuk juga di dalamnya kebebasan berpendapat, namun setidaknya kita juga harus faham dengan karakteristik gaya kehidupan budaya kita sebagai orang timur yang sarat dengan prinsip saling menghargai antar sesama. Waktu kecil saja kita sudah diajarkan tentang budaya saling menghargai, rasanya terlalu konyol bila ternyata setelah dewasa kita lupa terhadap pelajaran yang telah kita dapatkan semenjak masa kecil itu. Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua sobat bila tulisan saya kali ini agak sedikit berapi-api, mungkin karena saya merasa tersentil dengan tulisan sobat sesama blogger yang saya baca tersebut.

Tujuan utama blogger diciptakan dan dikembangkan

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin sedikit mengutip tulisan yang saya ambil dari halaman informasi fitur Blogger, tulisannya kurang lebih seperti ini: Kami membuat Blogger untuk memudahkan Anda untuk berbagi cerita — entah itu peristiwa terkini, kabar terbaru diri Anda, atau apa saja yang ingin Anda diskusikan — dengan dunia. Kami telah mengembangkan serangkaian fitur untuk membuat blogging sesederhana dan seefektif mungkin. Tulisan itu tentunya dibuat oleh Google sebagai pemilik resmi Blogger semenjak tahun 2002, setelah membeli sahamnya secara resmi dari perusahaan Pyra Labs. Sebagai informasi, pendiri perusahaan Pyra Labs adalah orang yang juga telah menciptakan Blogger, dia adalah Evan Williams Laki-laki yang lahir pada tanggal 31 Maret 1972 di Nebraska, ia adalah seorang wirausahawan asal Amerika Serikat.

Yang pasti fungsi dan tujuan website milik personal sangat berbeda jauh dengan fungsi dan tujuan website milik perusahaan yang kita tahu ujung dari semua tujuannya selalu uang dan pendapatan.

Soul expression of Mr TM

Di sini saya rangkai beberapa kalimat yang saya temukan di postingan sobat sesama blogger yang tadi saya katakan bertentangan dengan ideologi saya. Tulisannya kurang lebih seperti ini: “Blog yang temanya bla bla bla sama halnya dengan blog sampah. Blog yang tidak memiliki bla bla bla adalah blog yang tidak punya tujuan dan akan menjadi penghuni kuburan maya di masa depan” (Maaf, saya memotong kalimat-kalimat yang menurut saya tidak pantas untuk dipublikasikan).  

Kalimat itulah yang mempengaruhi hati dan pikiran saya untuk mengangkat tema “Purpose of Blogging”, sebagai bentuk jawaban personal dari saya terhadap pernyataan kontroversi yang dia tuangkan di postingan miliknya tersebut. 

Uraian pandapat saya tentang pernyatan sobat sesama Blogger tersebut :

1. Blog yang temanya bla bla bla sama halnya dengan blog sampah.

Jawaban saya : Suka-suka saya dong! Inikan blog saya, bukan blog kamu, mau saya bikin postingan kayak apa, ya suka-suka saya, apa urusannya dengan kamu? 

2. Blog yang tidak memiliki bla bla bla adalah blog yang tidak punya tujuan dan akan menjadi penghuni kuburan maya di masa depan.

Jawaban saya : Ini adalah rumah kedua saya. Saya akan merancangnya senyaman mungkin sesuai tampilan yang saya suka, bukan yang kamu suka. Bila kamu berbicara masalah tujuan, sebenarnya dengan mengklik cursor mouse saja sesungguhnya kita semua telah mempunyai tujuan. Bila yang kamu bahas tentang iklan, ketahuilah, tidak semua langkah kehidupan selalu berorientasikan kepada uang, uang dan uang. Mengenai penghuni kuburan maya di masa depan, jangankan blog, kita saja sebagai manusia merupakan kandidat pasti penghuni kuburan masa depan. Berhentilah berbicara sesuatu yang tidak berguna, terkadang diam juga lebih baik daripada bicara, tetapi melukai perasaan orang lain.

Mungkin sobat punya jawaban sendiri? Dengan senang hati buat sobat yang ingin menuangkan pendapatnya, silahkan copas pertanyaan di atas dan jawab dengan versi sobat sendiri.

Kembali kepada  tujuan ngeblog, setiap kita pasti mempunyai alasan yang beragam. Untuk saya sendiri, tujuan saya ngeblog atau tepatnya bikin blog adalah untuk menuangkan segala unek-unek yang ada di hati, pikiran dan jiwa saya, hitung-hitung berbagi pengalaman dengan sobat blogger lain di sela kesibukan bekerja. Melalui hobi menulis yang saya miliki saya mengekspresikan semua itu, sekaligus tempat pelampiasan hobi membaca saya (blogwalking) dengan mengikuti postingan dari teman-teman blogger yang beragam temanya dan semua bermanfaat bagi saya. 

Menurut saya sah-sah saja setiap orang mau menjadikan blognya seperti apa yang mereka mau, asalkan tidak melanggar aturan perundang-undangan dan nilai-nilai yang ada negara kita, suka-suka, Tuhan saja tidak melarang makhluknya untuk memiliki blog dan menjadikan blognya seperti apa. Bahkan orang yang menciptakan Blog sendiri tidak melarang orang lain untuk memiliki akun blogger, kenapa kita sesama blogger yang tinggal mensyukuri dan menikmati fasilitas yang sudah ada saja sampai harus merendahkan User lain. Ini hanya perkara bisa atau tidaknya kita untuk menghargai orang lain, sesederhana apapun orang lain tersebut. Yang pasti semua orang butuh belajar untuk menjadi lebih baik dan kesombongan bukanlah sifat yang terpuji untuk bisa dimakhlumi, lihat diri anda, abis itu baru lihat orang lain.  

Buat blogger yang telah merendahkan blog orang lain :
See shortages yourself first. After that, please see the weaknesses of others!

Buat semua sobat Blogger yang sangat saya hormati :
Tetap semangat ya ngeblognya, karena inilah dunia kita, tunjukan aksimu sobat!

Di antara sisi hati yang tiada lelah bertanya,
 untuk siapa semua ini?
Aku y
ang semakin tersudut, tertatih menata mimpi-mimpiku.

Pujian
dan segala caci maki,
sungguh aku tidak butuh itu!
Yang aku fahami, hidup bukan untuk disakiti, bukan untuk ditangisi.

Tujuan dari s
egala tujuan,
apa tujuan itu, dmana tujuan itu?
Yang kutahu, semua hanya inginkan bahagia.

*Mr TM*


Sekali lagi saya mohon maaf bila tulisan saya kali ini agak sedikit bernada emosi, tetapi inilah apa adanya saya. Saya tidak membenci pandangan mereka seperti itu, saya hanya tidak suka bila demi kepentingannya harus ada perasaan dari pribadi lain yang dilukai. Mudah-mudahan kedepan masing-masing kita senantiasa menjadi pribadi yang selalu menjaga setiap lisan dan tulisan. Biarkan kebersamaan tetap terjaga antar sesama kita, biarkan hidup mengalir sewajarnya berfondasikan kepada sikap saling menghargai.

Sekian dulu, buat semua sobat Bloger. Tetap semangat ya ngeblognya (Keep the spirit, Happy Blogging).


~Ceritakan pada semua, bahwasanya damai itu indah~

45 komentar:

  1. keep blogging...tetep semangad

    biasa coy, kawan blogger kita mungkin juga lagi berapi-api mengemukakan idealismenya.

    Saling menghargai saja yach..
    Dunia maya layaknya dunia nyata. Ada aneka warna...
    Yang penting enjoy aja yaaa. Kita sudah buat blog berarti tau apa yg kita mau hehe...begicu kira2...

    BalasHapus
  2. klo menurutku blog itu wadah untuk berekspresi, apa yg kita tulis lbh kurang menjadi cerminan dari diri kita. Hidup itu berbagi. Blog jg sarana untuk berbagi, melalui tulisan yg kita posting. itu kan ide pikiran kita, mslh org mau berkomen apapun ya..the show must go on. Go action, ok!!

    BalasHapus
  3. Mba Iffa n Mba Wits.

    Manteep... Tetap semangat, toh ini Dunia kita jg ya...jiehhehee.....

    BalasHapus
  4. Hmmm, jadi teringat lagu Christina Aguilera "you are beautiful, NO MATTER WHAT THEY SAY..." (Gak nyambung ya? :D...) Intinya sih, cuekin aja. Yang jelas, apapun pendapat orang, itu bukan urusan kita, Tuan Muda. Jangan sampe kita jadi ikut2an seperti mereka. Be yourself! Terus berkarya, terus berbagi, terus, terus dan terus...hehehe (jadi ikutan berapi2 juga ni)

    Biasanya yang suka ngurusin urusan orang lain itu sirik, Tuan Muda... Dia gak sadar aja kalo manusia itu dilahirkan dengan segala perbedaan (gak ada yang sama persis, kembar sekalipun). Perbedaan itu indah

    *peace*

    BalasHapus
  5. Mba Rosita....Waaaaw...Kereeen.....jieehehehe....

    BalasHapus
  6. hmm...rada aneh itu orang,,,suka sirikan kayanya...:(

    blog adalah rumah kita, terserah kita dong mau dibikin sperti apa, kalau dia tidak suka, yo wis tinggal di klik saja tanda silang di kanan atas,..kan kan...??

    BalasHapus
  7. Kak Fairsya, bnr bangeet... K-lo ga suka klose ajja ya, knp harus pake acara cuap2 segala...

    Thankz kak Fairsya...


    NB : TM baru sempet mampir n wara wiri d home mayanya kak Fairsya ne. Kak Fairsya d Minang ya? TM jg Minang, tp d polesnya d Bandung...

    BalasHapus
  8. Weeeeeeeeeeeeeew…….. Spaningnya lagi tinggi neh...!!!
    Cooling down Jo…
    Coklat bisa melumerkan emosi lho hehehehe ^__^

    Moga2 aja orang itu ngabaca postingan Ajo yach…

    "Ceritakan pada semua ternyata Damai ithu INDAH"

    BalasHapus
  9. Respect itu perlu kalau kamu menginginkan dihargai juga oleh orang lain.

    Kalau kamu nggak butuh, ya ujung2nya keceplosan sendiri kayak pertanyaan yang di atas itu (1.Blog yang temanya bla bla bla sama halnya dengan blog sampah.2. Blog yang tidak memiliki bla bla bla adalah blog yang tidak punya tujuan dan akan menjadi penghuni kuburan maya di masa depan.)



    Setiap blogger itu punya ciri khas masing2, kalau diantaranya memprioritaskan pada pendapatan (uang),maka bisa kita lihat tampilan blognya banyak iklan. Tapi sebaliknya, kalau si empunya blog lebih suka sharing, ya isi blognya seputaran itu.




    Saya sependapat sama kamu Mr. bahwa diam saja lebih baik ketimbang banyak ngomong tapi nyela mulu' ...



    Mungkin si empunya 2 pertanyaan tadi masih labil, depresi atau kurang kerjaan aja. So, keep respect in writing at ur blog :)

    BalasHapus
  10. @ TM:
    TM rang awak yo?? wuihh, senang banget ketemu rang Minang,,hihihi..ga dimana2, di dunia nyata dan di dunia mayapun. eh, kamu asli Minang atau blesteran?

    BalasHapus
  11. @Yhantee... Iya ne, yg punya mimpi pengen jd alat perdamaian dunia ternyata bs ESMOSSI jg ya.....Jiheheheee....

    Mana Coklatnya.........Jihahaahaaa..........


    @Mba Ajeng.... Setuju bangeet.....k-lo mereka ga suka tinggal klose ajja ap susahnya ya, dr pada ngoceh ghitu....

    Happy blogging Mba Ajeng.....!!!


    @ Kak Fairysha....Jieeeee....... TM murni tanpa blesteran, Bapak Minang, Ibu minang, tp tetangga TM orang alzajaer...lah kok jiheheheee....."becanda ya kak"


    IYa asli banget Minang, tp d besarkan d bandung....

    BalasHapus
  12. wah wah.. mungkin beliau (baca: sobat blogger yang suka menghina sesama dengan indahnya..) pada ga tau kalo dunia maya ini luas.. semua orang bebas asal jangan saling ganggu, bebas berpendapat asal masuk akal..Jadi saya kira, otak beliau aja kali ya yg sempit...wkwkwk.. peace lah.. salam kenal..
    saya udah follow, mohon di follow balik gan..

    BalasHapus
  13. @Akmal...setuju bangeet sobat...


    Thankz Sobat kunjungannya....siap...!!!

    BalasHapus
  14. Blog sapa sih itu? ga sopan banget, udah bikin TM sampe jadi esmosi ginih.. sinih biar kak MJ jewer dia, :P hohoo...
    mantep postingannya TM, semangat MJ jadi bangkit juga..

    mungkin dia hanya belum terlalu mengerti tentang hidup dan kehidupan.. setiap orang kadang pernah salah tulis atau khilaf dalam omongannya, MJ juga kadang gitu kok. kita doakan saja semoga dia kedepan bisa lebih baik lagi, apalagi setelah baca post TM ini.. Caiyo Blogger!

    BalasHapus
  15. Kak Mj... Jieee, kak Mj yakin mw jewer2 mereka, ntar k-lo mereka lapor ama kak SETO gmn...jieheeeee.....

    Ting Q kak....Tetap semangat....happy blogging....!!!

    BalasHapus
  16. Anonim11:32

    hah! hah! kok gitu sih?
    ada yah orang seperti itu?
    itu kan blog kita, sesuka hati kita donk mau diapain, kenapa protes?
    *ikut menggebu-gebu
    maaf nih, kunjungan pertama langsung gini. ikut esmosi juga sih soalnya...
    :p
    semoga saja dia diberi kesadaran yah? biar ga suka protes lagi. :p
    salam kenal :)

    BalasHapus
  17. @Mba wulan,jieeee...ad yg berapi-api jg, sabar Mba wulan ya....jieheheheee....


    Makasih Mba Wulan udah mampir, slm knl balik ya....

    BalasHapus
  18. semangaaaddd ngebloogggg, smangaattt BW hihihi.
    siapahh nii orangg awak, orang minang ?!? soal nyah etha BLASTERAN MINANG + JAWA.. hihihiihi

    BalasHapus
  19. @Etha........Tetap semangat ya, happy blogging......!!!

    Jieee,,,blesteran...jihehehee....


    TM campuran indomelayu, Bapak Minang, Ibu minang, tp tetangga TM orang alzajaer...lah kok jiheheheee.....

    Wah sama2 berdarah Minang ya kita...

    BalasHapus
  20. Wah, baru kali ini saya menemukan sebuah tulisan yg bervisi sama, tp justru saya makin penasaran siapa sih dia? siapa sih sebenarnya org yg berusaha menebar virus 'uang' diantara blogger?

    apa sih artinya uang? kalo kita mati uang gak akan kita bawa kok...!

    tp ingatlah, sbuah persahabatan yg terjalin, itu akan menambah nilai baik dlm catatan kita bila kita dikubur nanti. di masa dpn.

    biarin aja mas, tujuan kita sama, kalo saya pribadi, ngblog itu utk berbagi ilmu, menjalin persahabatan, dan berbagi semua hal.

    saya merasa senang bs bersahabat dgn Anda.

    "Damai itu indah, seindah kelopak bunga yg mekar dipadang tandus"

    BalasHapus
  21. @Penghuni60, Setuju saya Mas, karena uang bknlah segala2nya, harta memang salah satu dr sekian bnyk kendaraan untuk menuju bahagia, tp kita jg tdk boleh lupa, bahwasanya bahan bakarnya yg paling utama, yaitu budi pekerti kita...
    ( Sengaja saya tdk menyertakan linknya, takut akan menimbulkan amarah baru)

    Sebenarnya ini mungkin untuk yg kesekian kalinya kita berkomunikasi ya mas, tp jaringan internet saya agak kurang bagus, baru mengizinkan saya kembali jln2 ke (Penghuni60) blog yg sangat entrancing n komplit menurut saya....

    Terima kasih banyak ya mas...Slm persahabatn jg dr saya...

    BalasHapus
  22. haha sante aje boss..
    tapi aku setuju ma kamu, suka2 kita lah mau bikin blog kita kayak gimana.. :)

    BalasHapus
  23. gampang banget bro, kalo mau nyari siapa yg udah bikin artikel kayak gitu. tinggal nanya sama mbah google. khukhukhu.

    tapi y lantaran itu blognya dia juga, suka-suka dia mau nulis kayak gimana. kalo ga suka, lagi-lagi, tinggal klik tanda silang di pojokan itu. di sini kita ngga nyari bener apa salah. yg penting saling menghargai aja. *sok bijak* :D

    BalasHapus
  24. @Mba Yen... Jihehehe sipzz...

    Happy blogging Mba Yen...!!!


    @Cho, Benar banget, salah n bnr ithu hanya penempatan pilihan, yg paling penting kita harus bs menikmati indahnya perbedaan dlm kebersamaan, tanpa ada satu hatipun yg d cederai...

    Thankz Mas Cho...

    BalasHapus
  25. waw Mr. TM sabar ya, tarikk napass, buaaangg... hehehe
    well, saya sependapat sama kamu. dan mau nyoba jawab ah

    1.Blog yang temanya bla bla bla sama halnya dengan blog sampah.

    Jawaban saya : sampah juga bisa dijadikan sesuatu yg berarti. tergantung siap yg melihatnya. udah 2 tahun saya nge-blog dan BW. dan saya sama sekali tidak pernah menemukan sampah. semua ide yg dituangkan dalam tulisan itu brilliant. bahkan quote yg paling saya suka "Write, then you can change the world"

    2. Blog yang tidak memiliki bla bla bla adalah blog yang tidak punya tujuan dan akan menjadi penghuni kuburan maya di masa depan.
    Well, penulisnya jg bakalah menghuni kuburan kan suatu saat nanti. pertanyaannya adalah, kuburan maya itu kayak apa ya? nggak pernah liat deh..

    so, tenang aja. tulisan itu adalah suatu karya yg patut kita hargai :)

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum sob...

    Kunjungan perdana dan salam kenal,, barusan aku tadi mampir dari blog adikmu,, hehehe

    Soal, tujuan nge-blog, ya itu tergantung dari pribadi masing-masing... mau blognya dijadikan baik atau buruk itu juga menjadi haknya...

    kalau aku sih, blog adalah tempat untuk mengekspresikan diri saja melalui tulisan, plus untuk menjalin silaturahmi dan persahabatan...

    Tetap semangaT!!! pilihlah jalanmu sendiri untuk tujuan terbaik... :)

    BalasHapus
  27. @Mba Meutia,

    Waaaw, ga nyangka Mba Meutia ikut berapi2 jg...jiheehee....

    Sipppz dech...

    Yg abiz ultah ke dua, keep spirit n Happy blogging ajja dech Mba Meutia...!!!



    @Mba Ami Waalaikumslm wrwb.

    O ya, slm knl balik jg dr saya Mba Ami...


    Setuju, selama tdk ad pihak yg d rugikan n di cederai, fair2 ajja ya Mba Ami....

    Makasih Mba AMi.....!!!

    BalasHapus
  28. Ceritanya Tuan Muda lagi agak emosi ya ini,,,,hheheheeee

    lain orang lain perasaan,,,lain hati lain pula pemikirannya,,,
    Hemmmmmmm,,,,

    Kaalu menurutku,,,blog adalah tempat sillaturohmi antar sesama blogger,,dan dan tempatku belajar komputer serta internet,,,heheee

    BalasHapus
  29. @Mba MIMI...

    Bkn Mba Mimi, tp TM lg curhat benaran...jiehheeee...


    Setuju... Wah, iya jg sech Mba mimi ya, suka2 kita duunk inikan blog kita n ini jg kan dunia kita ya...jiheheheee...


    Ting Q Mba Mimi...

    BalasHapus
  30. yups....blog itu adalah tempat kita berekspresi, dan mencela hasil karya/blog orang lain itu bukanlah tujuan kita.

    mari tetap semangat ngeblog.... SEMANGAT!!!

    BalasHapus
  31. sayang link nya ga dicantumin, pasti langsung diserbu tuh :D

    apa yg di tulis diblog memang mutlak hak pemilik blog. setuju dengan mbak meutia, sampah juga bisa dimanfaatkan koq :)

    keep bloging yaa :)

    BalasHapus
  32. @Mba Lily....manteeep....

    Happy blogging Mba Lily...!!!



    @Mba Devi... Sengaja linknya tdk saya sertakan Mba Devi, menghindar dr hal2 negative yg saya yakin pasti terjadi...

    Saya jg setuju banget...jiehhehe.....

    Happy blogging Mba Devi..... :)

    BalasHapus
  33. blog itu kan tempat berekspresi, nyari ilmu, nambah temen yah bukan tempat menjatuhkan semangat ngeblog

    BalasHapus
  34. setujuuuu
    ngapain juga ya kita ngelecehin org lain selama mereka gak mengganggu
    kan ini hak asasi kita mau buat blog gimana
    pokoknya tetap semangat deh, jgn dengar tuh omongan yg gak baik
    yang penting kita bahagia dengan apa yg kita lakukan, dan gak buat org terganggu, its oke

    :)

    BalasHapus
  35. @Celoteh n Sonia... Setuju....

    Keep spirit...Happy blogging....!!!

    BalasHapus
  36. hooh setuju banget! gitu aja kok kempot eh repot :D

    BalasHapus
  37. Sapa yg kempot2 thu....jihehehee.....

    BalasHapus
  38. Setujuuuuuuuuu...!!! Hidup Tuang Moedaaaaa....!!
    Kenapa mesti repot ngurusin blog orang ye? Suka-suka orang dong mo ngapain di blognya. Kenapa mesti di hujat? Selagi nggak mengganggu dan menyakiti orang lain kenapa enggak?
    *ikutan berapi-api sambil ngasah golok*

    BalasHapus
  39. Hiduuuup Kaaaaak DEWiiiiiiiiii.....!!!
    Jihahahahhahahaaa.........

    Saya sudah menduga, pas lihat d kolom komentar,ad koment dr kak Dewi, sebelum baca jg udah spontan cengar cengir, pasti komennya gokiill...tu kan benaran Gokil....jiahhahahahahahaaa......

    BalasHapus
  40. hmmm,,bner bngeedd,,,
    mau2 kita donk,,,org blog, blog kita...mau diisi apapun trserah kitaaa,,,
    siriiikkk ajj pasti orgx...

    *komen prtama jd ikutan sewot,,hehe

    BalasHapus
  41. hihi,,,betyul...blog-blog gue ngapain situ yang repot yak? emang ada pidananya kalo kita gak ngikut aturan situ? he...

    BalasHapus
  42. @Mba Iras Setujuuu....Jiheheheee...iya ne, jd ikot berapi2 jg ya Mba Iras...



    @Mba Aini.... JIheheheeee...Mantep Mba Aini, suka2 kita dunk ya....


    Makasih Mba Aini...!!!

    BalasHapus
  43. @Mba AINA....Maaf, saya salah nulis nama....jiheheheee.... "PEACE"

    BalasHapus
  44. hwahahahaaa... gapapa... huruf I sama A masih sodaraan kok, kayak indo ma malaysia... hehe gak nyambung

    BalasHapus
  45. JIhehhehee......Saya kelewat bangeet ya Mba Aina, slhnya ampe kmn2, komen 2, shout mix 1........jiehhehehe........

    BalasHapus