Selasa

Piece of the Story


Indah rasanya saat mengenang detik di masa lalu yang pernah kita lewati. Pahit manisnya memberikan suguhan warna tersendiri terhadap imajinasi kita di masa sekarang. Apalagi dilengkapi dengan temuan saksi bisu, benda ataupun tulisan yang memperkuat keyakinan kita tentang cerita kehidupan yang pernah kita lalui tersebut.

Sebulan yang lalu saya iseng buka arsip jadul, saya menemukan buku lama yang sudah bertahun-tahun saya simpan. Di antara buku tersebut ada salah satu buku yang menarik hati saya untuk segera membukanya, yaitu buku catatan saat saya masih belajar tentang musik atau tepatnya waktu saya masih terdaftar sebagai peserta kursus di salah satu sekolah musik pada tahun 2000. Dari dulu, setiap menulis di buku atau note pribadi, saya selalu mencantumkan tanggal dan tahun, dari buku tersebut saya menemukan not-not yang saya tulis saat masih belajar bikin lagu. 


Penemuan buku jadul itu menggugah ingatan saya akan langkah waktu yang pernah saya lewati semenjak tahun 2000, khususnya yang berkaitan sama musik. Saat kursus, saat bermasalah sama instruktur, saat pertama bikin lagu, saat pertama bikin grup band, sampai pada akhirnya menyatakan pensiun dari kegiatan rutin bermusik pada tahun 2006, karena keinginan saya untuk fokus dengan pekerjaan dan  usaha yang tengah saya jalani waktu itu dan sampai sekarang. 

Ada beberapa sobat blogger yang mengatakan saya musisi, mungkin karena melihat foto-foto saya banyak yang lagi menenteng gitar, padahal usaha yang saya geluti sekarang sama sekali tidak berhubungan sama musik. Pekerjaan saya bergerak di bidang fotografi, musik hanya sebatas hobi saja di sela rutinitas (Dulu saya meluangkan waktu untuk bermusik, sekarang waktu luang yang saya pakai buat bermusik. Dulu seminggu dua kali masuk studio musik, sekarang dua bulan sekali saja hampir tidak pernah). Saya sudah bersahabat dengan photoshop selama kurang lebih delapan tahun. Berteman dengan kamera, kurang lebih sekitar dua belas tahunan. Karena keluarga besar saya hidup dari dunia fotografi. Apakah ada di antara sobat yang mau konsultasi tentang kamera dan photoshop? Silakan, InsyaAllah kalau saya bisa akan saya bantu.

Ada teman yang bertanya kepada saya, “TM kenapa di blognya tidak pernah membahas tentang kamera atau photoshop?” Jawaban saya: Karena saya menjadikan hobi saya ngeblog sebagai hiburan yang bermanfaat di sela rutinitas, kalau saya masih membahas tentang hal yang berkaitan dengan pekerjaan saya, mungkin akan menghilangkan kesan hiburan di dalamnya. Saya khawatir akan hadir kejenuhan bila warna cerita dan pembahasan yang saya angkat sama, antara blog dan pekerjaan saya.
 
Ceritanya jadi melenceng kemana-mana, kembali ke benang merah lagi ya. Dibawah saya bawakan barang bukti sebuah lagu sederhana karya saya yang saya tulis di pertengahan tahun 2003. Karena dari data yang saya temukan tersebut hanya catatan not dan demo rekaman original yang masih mentah (suara vocal yang diiringi gitar akustik) sebulan yang lalu saya sudah menyelesaikan musiknya dan inilah hasilnya: 


Di sebuah mini market
Aku ketemu kamu
Kucoba menggoda kamu
Kau malah mencaci aku

Karna suka kuharus nanggung malu
Karna doyan kuharus telan makian

Aku tak habis pikir
Kenapa ku mesti naksir
Pada seorang cewek mungil
Sewotnya mirip nenek sihir

Karna cinta kuharus nanggung malu
Karna sayang kuharus telan makian
 
Ku sudah menembak kamu
Kau malah janji melulu
Terpaksa mau nggak mau
Ku harus tunggu jandamu

Karna mau kumesti rela nunggu
Karna sayang kusiap sampai karatan

Makan cinta
Sama dengan makan hati
Nembaknya sekarang
Janjinya sebulan lagi

Makan cinta
Sama dengan makan hati
Makannya sekarang
Bayarnya sebulan lagi

Ngutang melulu
Ngutang melulu
Ngutang melulu
Ngutang melulu



Ne mp3nya: 




   



Lagu ini juga sebagai jawaban dari saya atas pertanyaan para sahabat saya yang ada di Bandung dan Bogor “ternyata Mr TM itu masih tetap rockers brother” jihehehheeee, walau belakangan ini lebih sering bikin lagu bergenre pop rock. Semenjak tahun 2000 total saya sudah menciptakan 21 lagu. Sudah sebelas tahun baru 21 lagu, lelet banget ya “sayakan bukan musisi1” jiehhehehee. Di antara semua lagu karya saya, ada dua lagu yang telah menjadi maskot saya di hadapan para sahabat. Yaitu Pok Ame Ame dan Kekasih Mimpiku. 




News today :


O iya, beberapa hari yang lalu saya dapat tanda kehormatan dari salah seorang sahabat blogger Penghuni 60 salah satu blog yang sangat impressive menurut saya, yang sudah merampungkan postingannya yang ke 100. Selamat untuk sahabat saya penghuni 60, dengan postingan yang ke seratusnya, biar tambah semangat ngeblognya dan mudah-mudahan ke depannya sampai kepada postingan yang keseribu dan seterusnya. Amieen.


Terima kasih buat semua sahabat yang telah berinteraksi dengan saya di dunia nyata maupun di dunia maya, semoga tidak pernah lelah mewarnai hari-hari saya. Kemarin, hari ini, esok dan selamanya kamu akan tetap menjadi sahabat terbaikku. 





1 Semenjak awal saya mengenal musik dan kursus, saya tidak bercita-cita menjadi penyanyi, karena cita-cita saya waktu itu dan sampai sekarang adalah ingin menjadi seorang musisi (pencipta lagu) yang karyanya disukai banyak orang.

26 komentar:

  1. wooo...keren lagunya.... suaranya mirip2 vikalis jamrud yang dulu... thu suara siapa? Mr TM juga...???

    BalasHapus
  2. Terima kasih Mba Aina. Iya, seram ya vocalnya...jiehehehheeee....

    BalasHapus
  3. setuju sama mbak aina,hehhe:D

    BalasHapus
  4. ngerock y mas sukanya. wow, fotografi n musik, boleh juga. Tiap org terkadang banyak hobinya gak mesti pada satu bidang saja.

    BalasHapus
  5. Wah Mr.... Rocker banget ternyata (>o<)v

    BalasHapus
  6. kayaknya sama deh dgn saya. saya IT Consultant tapi jaraaaang banget nge-bahas ttg pekerjaan saya di bidang IT.

    Mungkin dari 215 posting, cm 1 yg membahas ttg kerjaan n itu jg dikiit bgt.

    BalasHapus
  7. lucu yah lirik lagunya TM,hahahasemoga jadi penyanyi terkenal yah?? pengen gak sih TM?

    Selamat buat Awardnya

    BalasHapus
  8. Bagus nih lirik lagu nya,ngena bgt deh

    BalasHapus
  9. @Mba Nova... Terima kasih @_~


    @Mba With... Iya, k-lo fotografi warisan dr keluarga, tp k-lo seni musik dr zaman kakek saya n semua keluarga yg lain cuma saya yg suka maen musik, ga tw bakatnya kecantol dari mana...jihehehehee...


    @Mba Chici... Jihehehee...terima kasih Mba Chici....


    @Mba Tia... Takot cepat bosan, bila tema yg d bahas itu2 lg...


    @Kak Nadia... Terima kasih, tp saya ga suka jd penyanyi... Saya pengen jd pencipta lagu ajja, jiehheee.... Buktinya waktu kursus saya ga ngambil vocal, malah gitar...

    @Mba Putri.. Terima kasih...

    BalasHapus
  10. waah....ini dia seniman sejati terlahir lagi hehe

    moga sukses ya lagunya...

    BalasHapus
  11. oalaaaah..sampeyan kerjanya di bidang fotografi toh..??

    barusan denger.keren juga lagunya.kenapa ga upload di youtube mas?kan supaya bisa populer juga.jiehehehehe :D

    BalasHapus
  12. wah bener2 pecinta seni, fotografi bisa musik dan nulis juga bisa sukses terus mrtm :D

    BalasHapus
  13. wah, gak bisa lihat videonya nih, inet saya lemot

    BalasHapus
  14. Belum bisa liat vidnya jg..tapi liriknya lucu ya?ringan banget.hihi

    Aihh..jadi penasaran dgn suaranya neh :D

    BalasHapus
  15. kiriknya lucu,judulnya apalagi nenek sihir :D

    musik jadikan hobi saja sobat,gak usah ditinggalkan. sukses trus dlm hdpnya ya :)

    BalasHapus
  16. mas, aku sedang belajar gitar dan photoshop lo..sama dong ya..hehe..salam kenal ya..blognya saya link ke blog saya ya....

    BalasHapus
  17. @Mba Iffa... Jieeee,,,,jiheheheee...

    Terima kasih Mba Iffa....


    @Mba Yen... Iya... Saya malah takot populer, karna saya ga mw jd penyanyi...jiehhehehee alias ga ad basic n ga pede banget, pengen jd pengarang bebas ajja.... jiehhehehee..... Terima kasih Mba Yen......


    @Mba Ninda... AMieen, terima kasih Mba Ninda...


    @Mas Joe.. Sukrouun....


    @Mba Irly... Hayuuk buruuan,,,jiheheheheee...


    @Mba Irma... AMieen... Terima kasih Mba Irma......


    @Mba Isti... O, ya kali ajja kita bs sharing ya... Terima kasih, slm knl balik Mba Isti....

    BalasHapus
  18. pas baca liriknya biasa aja, baru denger musiknya dah ngerock gini...keren, serak2 gitu suaranya :p

    BalasHapus
  19. rocker + fotografer = komposisi yang mangstab mr :)

    knp ga bikin blog yg khusus ttg fotografi atau photoshop mr, kynya lebi seru de..pasti saia follow :D

    yaahh..buka dikantor ga bs liat video nya >.<

    BalasHapus
  20. maksud saya buat ngenalin lagu2 sampeyan aja mister..sapa tau ntar ada penyanyi yang mau nyanyiin secara profesional.kan bagus tuh.. :D

    BalasHapus
  21. Akhirnya bisa komentar juga, setelah kemarin nyoba komen dari hape gagal melulu.

    Udah dengerin loh, sempet didownload di hape... halah.

    dari dulu suka gimana gitu kalo ngeliat cowok main gitar dengan segala ekspresinya... haha

    BalasHapus
  22. @Mba Yu Ajeeng...Jieeeee...serak2 becek ya,,,jiehehehhee....Terima kasih Mba Ajeng...


    @Mba Devi... = Mhmhmhm.... Terima kasih Mba Dev...

    Saya khawatir takot ga keurus mba Dev...


    @Mba Yen... OOoo... Iya jg ya, tp tetap ajja Mba Yen...jiehhehehee...Terima kasih Mba Yen......


    @Mba AMi... Jiheheheeee....Terima kasih Mba Ami...


    Jd inget masa remaja ya Mba AMI...jiehehhehee....

    BalasHapus
  23. mungkin ada kesamaan dlm perjalanan hdp kita sob, berawal dari menggeluti musik, bermusik, dan keluar masuk studio musik, tp heran justru pekerjaanku skrg jauh dr yg namanya musik.

    tp yg namanya hobi itu gak akan ilang ampe kita mati.
    cita2 kita jg ampir sama, ingin menjd pencipta lagu yg lagunya disukai oleh semua org. tp sayang, semua itu gak kesampaian, dan semua lirik2 lagu yg udh aku tulis terbengkalai begitu sj ditumpukan lemari.
    akhirnya kini keinginanku hanya satu: menjadi penulis.apapun ingin aku tulis.

    salut bwtmu sob, trslah berkarya!

    BalasHapus
  24. AMAZINGGGG...:)

    BalasHapus
  25. @Penghuni60... Bila ad kesempatan, kali ajja kita bs bareng numpahin hobi ya Sob...

    Terima kasih, sukses bwt hobi nulisnya Sob...!!!


    @Mba Ammie... Jieee...Makasih Mba Ammie @_~

    BalasHapus
  26. hhuaahahaha, ada juga yee, lagu macam tuh,,gokil, tapi keren.. :D

    BalasHapus