Kamis

Cara Mengganti Email Login Blog Dari Yahoo Ke Gmail




Belakangan saya mendengar kabar, bahwasanya bulan Juni tahun sekarang, Google akan menghapus akun blog yang loginnya menggunakan akun lain selain akun milik Google. Benar atau tidaknya, saya juga tidak tahu. Untuk informasi itu sendiri, saya dapatkan dari beberapa teman bloggers yang ingin merubah akun lama blognya (baca: yahoo) dan menggantinya dengan akun milik google (baca: gmail).

Kalau informasi itu memang benar, sobat bloggers tidak usah panik. Karena di bawah ini saya akan memberikan tips cara mengganti email login blogr dari yahoo ke gmail. Tanpa harus bikin blog baru, tanpa harus mencari followers baru, tanpa mengurangi isi ataupun rancangan blog yang sudah ada. Awalnya saya juga bikin blog dan login menggunakan akun yahoo, tetapi sekarang saya sudah menggantinya dengan menggunakan akun google.

Langsung TKP aja ya! 




  • Login dulu ke blog.

  • Dari Dasbor klik Akunku (seperti gambar di bawah).


  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.



  • Klik Email (teks yang saya lingkar bewarna merah pada gambar di atas).

  • Setelah itu isi data di kolom yang tersedia sesuai permintaan. Seperti nama depan, nama belakang dan nama login yang di inginkan (untuk nama login yang diinginkan setelah diisi, klik cek kesedian).

  • Masukan kata sandi lama.

  • Pertanyaan keamanan dan jawaban.

  • Untuk email pemulihan, biarkan saja diisi email lama Anda.

  • Setelah itu klik lanjutkan.


Akun baru Anda telah selesai. Silakan cek blog Anda dan lihat pojok kanan atas, sudah tertulis alamat login anda yang baru dengan akun gmail (biar tidak lupa, saya sarankan untuk mencatat terlebih dahulu alamat gmail anda “nama login yang digunakan” yang baru selesai dibuat. Karena nama itu yang akan dipergunakan untuk login ke blog. 

Contoh: Toeanmoeda@gmail.com)

Cukup mudahkan? 
Semoga bermanfaat!



NB: Tips di atas hanya untuk blog yang login menggunakan akun yahoo, ymail dan rocketmail.

34 komentar:

  1. first..
    Makasih mas infonya, bisa di jadiin pegangan hidup (didunia maya) nh..hahaha
    salam.

    BalasHapus
  2. Untung aja saya udah pindah dari dulu *sujud syukur*

    BalasHapus
  3. wah pagi2 ada tutor kaya gini makasih banget mas yg kebetulan saya pke email dari yahoo. Sempet was was juga sih denger kbr kaya gtu tadinya takutnya suruh bikin blog baru lagi. Tapi alhamdulillah ada tipsnya mudah2an bisa... Tp aga kurang paham karena belom nyoba. Sekali lagi makasih :)

    BalasHapus
  4. eh beneran ya yg puny akun bukan gmail bkal ddepak?*keringetdingin*. jiaahhh,,,
    langsung ganti ah.... -.-

    BalasHapus
  5. bermanfaat bgd nih infonya mr, kebetulan aku pake gmail. Klo ga salah mbak ami yg bikin blog baru krna masalah ini..

    BalasHapus
  6. waaaaaaah...... syukur dah akun yanti make gmail... ^_^

    jadi DEWA PENOLONG kali ini tak perlu repat repot ngegantiinnya....

    boleh ngajuin permintaan lain ga ya....??? hihihihihihi ^_^

    BalasHapus
  7. Wahh untung mampir kemari kalau gak bisa kurang informasi nich.
    Dijamin gak ada yg hilang ya...ok dicoba sekaran juga. semogoa berhasil

    BalasHapus
  8. horeeeeeee!!!!!!! berkat artikel ini akhirnya aku bisa log in pake gmail...!!!!!
    terimakasih banyak yaaaaa..... Mr TM telah mengakhiri kegundahanku selama beberapa hari ini...
    (gak sia-sia nyepam di kotak komentar FBnya mbak Ami...hihi...)

    BalasHapus
  9. Ow..begitu ya mas, thanks buat infonya, nambah pengetahuan ni.

    alhamdulilah..dari awal aku emang pake gmail, jd gak masalah sama sekali, tp boleh jg infonya..

    BalasHapus
  10. Apa aku yag gaptek atau gimana ya....
    Awalnya aku buat emailnya dulu..
    ternyata setelah ikut petunjuk harus isi ulang

    habis itu gak bisa padahal udah mudah banget jalannya justru blognya gak bisa tampil, akhirnya dengan panik aku minta bantuan lagi ke yahoo...dan udah muncul lagi. tapi masih menggunakan alamat yahoo.

    jadi takut mau ganti lagi ....bagaimana ini

    BalasHapus
  11. @Mas Ardian... Iya, sama2...

    @Mba inggit... Sujud syukur udah...Syukuran, terus acara mkn2nya kpn...jiehhehehee......

    @Mas Yayack... Sama2, semoga bermanfaat ya Mas, sukses.....!!!

    @Mba OCta.... Jiheheheee......Nyampe segitunya....hayuk buru ganti, mumpung masih ad waktu...jiehheheheee....

    @Mba Dev.... Iya, Mba Ami sampai bikin blog baru n resikonya harus nyari follower baru lg........

    @Yhantee.......Permintaan di tolak mentah2 secara hukum dan meyakinkan..........jiahhahahahahaaa...........

    @Ibu Dini....Jihehehee....Resiko di tanggung pelaku ya Bu....jiehhehehee...InsyaAllah semua akan bae2 saja, asalkan tdk melenceng dr petunjuk....jiehehehheee...

    @Mba Aina... Jieeeee.....Girang bangeeet, Iya sama2, sdh berhasilkah Mba Aina....?
    Untung ajja ya, komeng spam d wall Mba AMii ga d laporin sebagai spam ya....jiahahahahhaaa.................

    @Mba With...Iya, katanya sech ghitu... jd dech yg login pake akun yahoo pada was2 akunnya bakal di hapus sama google....

    @Ibu Dini... Coba di ulang lg Bu, ikuti urutannya sesuai petunjuk dan gambar yg ad di atas....

    BalasHapus
  12. wuah hrs segera d'ubah donk kalau gitu keburu d'hapus sama google...

    BalasHapus
  13. pindahan email massal nih :p

    BalasHapus
  14. nah, untung saya pake gmail.hehehe

    BalasHapus
  15. @Mba Celotehan... Hayuk buruu, sebelum d apus sama google...jihihihi...


    @Mba Yen... Iya + sunatan n kawinan massal jg Mba Yen...jiehehhehee...


    @Mba Tia, Pindahin dulu ajja ke akun Yahoo, abiz itu balikin lg, biar bs d praktekin TIPS d atas....jiehehehehehheeee...

    BalasHapus
  16. Beneran loh, tadi pas kartiniian aku mutusin googling, sarannya ngeklaim. eh barusan blogwalking.... baru nemu. soalnya abis kartinian ke stasiun, ke agen travel, ujan-ujanan.... pinjem bajunya keponakan. blog walking di dashboard mulai dari atas turun ke bawah baru nemuiin ini.... hahahaha... sarannya dilakuin abis Isya. (ada temenku di Surabaya mau bantu aku beliin tiket buat ke Bandung loh...)

    BalasHapus
  17. saya dari awal sudah gmail sih :)

    BalasHapus
  18. mister ti em...terima kasih infonya...gue susah banget kemaren buat ganti account ke gmail....kali ini gue coba yaaaa...kalo gak bisa..nanya2 boleh dongggg...heheeee...

    salam :)

    BalasHapus
  19. yesssssss...bisaaaaaaaaa !!!...thx mister !!!

    BalasHapus
  20. @Mba AMi...Sukses Mba AMi, semoga perjalanannya menyenangkan....


    @Mba Ninda.... Asyik, berarti ga perlu d ganti lg ya...


    @Mas Nufri......JIhehehhee...Sipz... Jd ga khawatir d hapus sama google lg ya........

    BalasHapus
  21. suksesssssssss

    BalasHapus
  22. ya syukurnya udah dari awal pake Gmail....

    BalasHapus
  23. mas,, setelah saya lakukan masuknya ke opsi verifikasi benar ngak tu mas admin?

    BalasHapus
  24. kalo aku sih dari dulu udah pake Gmail kok, jd gak ikutan panik segala... hehe

    BalasHapus
  25. @Mba Aina... Selamaaaat....Jihehhheeeee....


    @Uni Hariyanti... Syukur dech, jd ga usah ngerubah email login lg ya....


    @Semasa... Dari yg saya praktekin proses itu tdk melalui opsi verifikasi Mas... Jd pas klik lanjutkan, secara otomatis akun login kita sdh berubah dr yahoo k Gmail...


    @Penghuni60... Syukur dech sob, memang sebagian tmn bloggers ad yg panik....Jihehehee....

    BalasHapus
  26. Waaaa, masa siii... duu, jadi sedih,,, sekian lama si yahoo sudah menemaniku di blogger.. masa harus dipisahkan .. hiks.. :'(

    but thanks ya TM postingnya.. :)

    O iya, udah ada itu sesuatunya,, silakan dijemput ya kalo berkenan :)

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum...

    Mr.TM hihihi aku bertamu nih,maaf dah lama nggak BW..

    Makasih banget infonyaaaa...T__T aku masih pake yahoo soalnya..segera ku ganti deh..cring...

    BalasHapus
  28. @K' Mj....Jieeee, sampai seghitunya...

    Wooke dech, thankz, ntar ya saya seruput sesuatunya...jiehehehehee...


    @Mba Putri...Wa'alaikum slm...

    Iya sama2 Mba putri, hayuuk kita ganti k Gmail...jiehehhe....

    BalasHapus
  29. o ya? baru tau nih aku... emang sih aku pake Gmail, tapi semoga ga jadi di delete yah akun selain gmail, hihihihi kan kasian MJ, hahahaha

    tapi untungnya TM udah ngasitau Tipsnya yah...

    BalasHapus
  30. Jihehehee....Maap kak, baru muncul lg ne... Iya, kelihatan ketakutannya....jiehehehhehee..

    BalasHapus
  31. salam blognoler, mau ngrubah juga nih kayaknya, msh ada beberapa hari lagi kalo google bner2 mau hapus smua akun email selain punya google.tp sya mau tanya sob,klo sdh d rubah spt cara di atas, apa nanti email yang yahoo masih bisa di pake?trs klo msalnya ada komentar yang msuk di blog saya nanti masknya di email yang mana?mhon jwbanya d blognoler.trims

    BalasHapus
  32. @ Mas Adit... Salam...

    Bila proses pengubahan tersebut telah selesai, semua keperluan Email yg berhubungan sama blog, berarti telah di alihkan dari yahoo ke Gmail, dan segala macam pemberitahuan dari blogger akan masuk dan di kirim ke inbox GMAIL dan E mail yaho tidak bs di pake lg untuk blog yg telah kita rubah email loginnya kecuali untuk keperluan lain bisa di gunakan.

    Terima kasih

    BalasHapus
  33. untung aku pake gmail ya. hehee

    BalasHapus
  34. JIheheheheee..........

    BalasHapus