Sabtu

Make Use of Free Time


Selayaknya kehidupan, dihiasi berjuta warna keindahan juga kegetiran dengan segala harmoni yang terdapat di dalamnya. Susah senang, pahit manis, hitam putih, apapun jalannya harus dilalui dengan indah meski terkadang langkah itu sulit. Kesibukan bekerja untuk menunjang keberlangsungan hidup, perjuangan bercucurkan keringat, pengorbanan waktu, tenaga dan fikiran, tidak jarang membuat kita merasakan betapa sangat beratnya langkah yang harus dilalui menuju ujung kehidupan yang tidak kita ketahui batasnya.

“Ini hanya artikel sederhana, dikemas dan ditulis dengan sederhana oleh makhluk Tuhan yang sederhana.
Biar kita tidak cepat jenuh dan bosan ya”



Kadang kita merasakan jenuh, suntuk, bete atau bosan dengan rutinitas kehidupan kita sehari-hari yang berputar dalam alur cerita itu-itu saja. Tidak hanya bagi mereka yang memiliki pekerjaan, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaanpun mempunyai peluang yang sama besarnya terjangkit wabah bosan dan kejenuhan (kayak penyakit menular aja ya.?), karena kejenuhan dan rasa bosan bebas merdeka menghampiri siapa saja yang ia kehendaki tanpa pilih kasih (saya sangat percaya, bosan tidak mengenal istilah pandang jidat dan NEPOTISME, jihehehehee).

Di sini saya tidak ingin menguraikan secara utuh tentang kata bosan yang benar-benar membosankan, tetapi sedikit berhubungan, karena di sini saya akan mencoba berbagi tentang cara saya memanfaatkan waktu luang untuk mengatasi rasa bosan dan kejenuhan. Sebelum semua ini jadi membosankan, yuk kita langsung saja ke TKP!

Sesuai dengan judul artikel ini Make Use Of Free Time (memanfaatkan waktu luang), saya akan memberikan tips ampuh ala saya dalam menghindari kejenuhan dan rasa bosan (gayanya slebor euy, wehehehee).

Bekerja sepanjang hari dan hanya memiliki sedikit waktu luang, tentunya akan sangat cepat mengundang datangnya rasa bosan. Sebaliknya bila kita tidak memiliki pekerjaan serta mempunyai banyak waktu yang sepenuhnya free dan tidak terikat dengan kegiatan wajib apapun, ini juga akan cepat menciptakan rasa bosan. Dan itu merupakan sebuah proses waktu yang wajar, saat berdiri di antara tuntutan dan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. 

Lantas bagaimana cara mengatasi rasa bosan? 

Untuk mengatasi rasa bosan dibutuhkan kreativitas tinggi yang harus digali dari diri kita sendiri, dengan itu akan muncul gagasan baru yang dapat memotivasi kita dalam mengarungi petualangan baru di kehidupan. Setelah itu awali semuanya dengan melakukan suatu kegiatan yang berguna, dari mulai kegiatan sederhana sampai kepada kegiatan besar yang memiliki daya guna tinggi untuk kehidupan.

Contohnya: 
  • Menyalurkan bakat yang kita miliki. Bila bakat yang kita miliki tersebut mempunyai nilai jual, bukan tidak mungkin itu bisa menjadi ladang baru bagi kita untuk menambah pemasukan. (Bukan berarti matre loh, wehehehe).
  • Melakukan apa yang sudah menjadi hobi kita. Seperti berolahraga, dengarin musik, mainin musik, istirahat sambil  tiduran, membaca buku favorite, menulis serta mencari tema terbaru yang paling unik untuk bahan posting minggu depan (saya bangat ni, weehhehe).
  • Atau hanya sekadar bercengkrama bersama keluarga, sahabat, teman dan orang-orang terdekat. (menjaga dan mempererat tali silaturahmi).
Dan tentunya masih banyak hal positif lain yang bisa kita lakukan, semua kembali kepada masing-masing kita untuk menetapkan kegiatan apa saja yang akan menjadi pilihan kita dalam mengisi waktu luang untuk menghindar dari rasa bosan dan kejenuhan. 

Setelah itu penuhi semua sewajarnya, jangan terlalu berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan juga akan membawa efek yang tidak bagus. Lakukan sampai kita merasa rileks, sehingga membuat badan, hati dan fikiran fokus lagi (waw,jadi kayak iklan produk minuman berenergi, weheheheee). Udah ah, takut kebanyakan, saya tambah khawatir bila nanti ada yang benar-benar bosan membaca artikel ini.:D

Kegiatan apa saja yang sering dilakukan mr TM dalam mengisi waktu luang dan menyikapi rasa bosan?

Ini ni, saya nggak ribet kok :
  •  Mendengarkan dan memainkan musik.
  •  Main games
  •  Baca buku
  •  Chating bareng teman-teman sampai ngejailin.
  •  Ngeluncur/Blogwalking.
  •  Tidur.
  •  Refreshing jalan-jalan keluar kos bila punya banyak waktu luang. 

    Alhamdulillah, selalu ada saja kegiatan dan ide terbaru dalam diri saya untuk berkreasi. Kata orang-orang terdekat, saya termasuk dalam golongan orang yang aktif dan tidak bisa diam, apa lagi sampai melamun sambil numpangin tangan ke dagu, bukan TM banget deh, wehehehehee. 


    Terima kasih buat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini. Sampai jumpa lagi di episode berikunya! :D


    19 komentar:

    1. ^_^ ehem...

      klo dihitung2,waktu kita sama,namun cara kita menggunakan waktulah yang membuat kita berbeda....
      "ZERO TO HERO"
      Mendahsyatkan pribadi biasa menjadi luar biasa.....

      keren Jo... hehehe :D

      BalasHapus
    2. Thankz Yhantee...

      Memenuhi sebuah janji juga perkara waktu kayaknya ya, Jihehehehee.... Baru dengar judulnya ajja, pengen tw isinya "ZERO TO HERO" kyk ap sech, pengen ngebaca........jiehhehee......

      BalasHapus
    3. Ngeblog juga bisa ngilangin rasa bosan. Kek saya nih. Lagi bosan kerja, BW dulu...hehe

      BalasHapus
    4. wah TM anak Kos yah... sama donk hehe
      Bener tuh cara ngisi waktu luangnya, dan pastinya bernilai positif yah...

      Suka dengan Tulisan TM yang ini..

      BalasHapus
    5. @Kak Dewi,sempet2nya ya sambil kerja nyolong2 waktu. Hati2 ya kak, laporan jgn sampai ketukar sama artikel terbaru... jiehhehee...



      @ Kak Nadia, ngekost jg ya.
      Nasib anak kost,makan sendiri, nyuci sendiri, tidur sendiri, giliran ad yg gratis baru rame2 yg laen pada nimbrung...jihehehehehee....

      Atur Nuhun Kak Nadia...! (jieee... TM pake bahas Sunda)

      BalasHapus
    6. kalo aku, tiap ada wkt luang selalu aku isi bersama dgn istriku tercinta.

      BalasHapus
    7. yg penting gak diisi dgn hal2 yg gak baik aja.selama itu gak merugikan org lain dan diri sendiri, ya lakukanlah apa yg bikin km senang.

      BalasHapus
    8. Ga nyadar ampe goyang-goyang kaki nih denger lagunya :),,, udah dishare ke youtube?? kyanya bakal banyak yg vote deh, keren banget lagi!

      aq juga sering bosenan dulunya, tapi sejak ngeblog lagi, berkurang banyak betenya.

      salam kenal.. :) mampir2 jg ya kerumah mayaku..

      BalasHapus
    9. @Penghuni60. Waaaw mantep Mas,jd suami siaga yg sayang istri. Tentunya saya akan melakukan hal yg sama nanti, k-lo saya udah punya istri...

      Makasih ya Mas...!


      @Science Box. Setuju banget saya,bila kenyataannya masih banyak hal terbaik yg bs kita lakukan, untuk apa harus melakukan hal tidak baik yg pastinya akan merugikan diri sendiri...

      Thankz Science Box...


      @Mj. Mba Mj bs ajja ne, jihehehee...Dshare ke youtobe? waaw, TM blm siap mental ne bwt terkenal... "Narzis.co.id dech TM"... jiheheee...

      Betul banget, Blogwalking jg salah satu cara TM ngehilangin rasa bosan.

      Salam knl balik ya Mba MJ, InsyaAllah pasti TM sempetin... Thankz Mba Mj...!!!

      BalasHapus
    10. Ada yg versi mp3 ga? mau mj download lagu-lagunya:) kalo boleh c, kalo download video gni lappy mj lemotzzz..

      BalasHapus
    11. Thankz sebelumnya Mba Mj, andai saja Mba Mj tinggal d daerah bandung, pasti TM kasih cd orginya. Ya, khusus tmn2 TM yg ad d bandung, dapet jatah reman dr TM...jiheheheheee.........

      Ad, ne Link mp3 nya: http://search.4shared.com/q/1/Toean%20Moeda

      Sekali lg terima kasih ya Mbak MJ...!

      BalasHapus
    12. ^_^ ehem....

      yanti juga mau dunk Jo cdnya...... hehe :)

      palagi lagu ini "Bawa pergi ceritaMu".....
      apa ini LOVE STORY dari yang pencipta lagu ya...?? hehehe

      BalasHapus
    13. @ YAntee.......jiehhehehee....Yanteee tinggalnya nun jauh di sana sech....


      Love history....? Jieeee, dalem... harus jujur ga ya....jiehhehehehee.....

      BalasHapus
    14. yaaaaach.... sayang BGT ya.... hehehehe

      Dalem...!!! spa yang ngegali Jo..... !!! hehehehe

      BalasHapus
    15. @ Yanteee..... Ad petugas TPU yg ngegalinya, Yantee pengen knl ama dia ga....?
      Jiheheheheheheheheeheheeee......

      BalasHapus
    16. jiaaaaaaaaaa..........

      Apa petugas TPU ini yang ngengubur Love story Ajo..... hehehehe :)

      BalasHapus
    17. @ YAnteee........Bukan petugasnya... Tp anaknya kalee ya.......jiahhahahahaaaa.....

      BalasHapus
    18. artikel sederhana yang sarat makna.....thanks mas pencerahannya..:) kalo aku ngisi waktu luang..ya..tidur...main sama anak2....masakin yang special buat suami....:)

      BalasHapus
    19. Makasih Mba Ina...

      BalasHapus